Menentukan Unsur Unsur Dalam Sebuah Iklan

FAST DOWNLOADads
Download
Iklan yakni pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan memakai barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan sanggup disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.

Iklan sanggup terlihat hampir di semua daerah dan semua media. Seakan-akan iklan mengikuti ke mana saja kita pergi sepanjang hari. Di rumah, di jalanan, di pasar, di sekolah, dan di tempat-tempat lainnya kau selalu bertemu iklan.  Setiap media mempunyai karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut unsur-unsur yang ada dalam sebuah iklan.
  1. Nama produk. Nama produk merupakan nama dari barang atau jasa yang akan ditawarkan,
  2. Gambar produk. Gambar produk menampilkan produk barang yang akan ditawarkan.  Gambar sanggup berupa produk yang ditawarkan atau sanggup berupa orang yang memakai produk tersebut.
  3. Kalimat iklan. Kalimat iklan biasanya kalimat yang bermaksud membujuk dan meyakinkan calon pengguna barang/jasa.  Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, sebagai klarifikasi dari produk.
  4. Keunggulan produk. Pada bab ini keungulan produk yang ditawarkan dijelaskan.
  5. Harga produk. Biasanya harga produk yang ditawarkan juga disertakan dalam sebuah iklan.
  6. Nomor telepon pengiklan. Nomor ini biasanya disertakan dalam iklan supaya calon pembeli sanggup menghubungi pengiklan.
  7. Alamat pengiklan 

Ciri atau Kaidah kebahasaan teks iklan yakni hukum bahasa yang dipakai dalam sebuah teks iklan. Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu
  1. Komunikatif. Komunikatif artinya bisa menyampaikan  pesan dengan baik. Artinya, pesan yang  diterima oleh penerima  sama dengan  maksud pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan.
  2. Informatif, artinya menginformasikan mengenai keberadaan produk atau jasa .
  3. Mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
  4. Menarik perhatian, dan
  5. Mengajak calon pembeli untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.

Suatu hari keluarga Lani berkeliling kota dengan mengendarai mobil. Saat lampu kemudian lintas berwarna merah, kendaraan beroda empat yang dikendarai ayah Lani berhenti. Tiba-tiba ada seseorang yang mengetuk beling mobil. Orang itu menyodorkan selembar kertas. Ternyata, kertas itu berisi iklan. Berikut isi selebaran iklan yang diterima oleh ayah Lani.

Ayo Mengamati
Amatilah iklan berikut.
Iklan yakni pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum Menentukan Unsur Unsur Dalam Sebuah Iklan

1. Apa saja unsur-unsur yang ada pada iklan di atas? Nama produk, gambar produk, kalimat iklan, alamat pengiklan, dan Nomor telpon pengiklan.

2. Apakah menurutmu unsur-unsur pada iklan di atas lengkap? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut. Iklan tersebut belum lengkap alasannya yakni belum ada harga barang yang ditawarkan dan keunggulan produk yang ditawarkan.

Agar sanggup menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak mempunyai ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Iklan pada gambar di atas memperlihatkan jual-beli emas di Toko Subur. Tahukah kamu, emas ada yang termasuk zat tunggal dan ada yang termasuk zat campuran. Emas murni yang mempunyai kadar 24 karat temasuk zat tunggal. Sedangkan emas yang sudah dicampur dengan logam tembaga mempunyai kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat. Emas menyerupai itu termasuk dalam benda zat campuran.

Selain itu, ada emas berwarna putih yang dinamakan emas putih. Emas putih juga merupakan benda zat campuran. Emas putih merupakan adonan antara emas, tembaga, dan perak. Campuran tersebut merupakan adonan homogen.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url