Kegiatan Literasi Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1

FAST DOWNLOADads
Download
Berbeda dengan subtema 1–3, aktivitas disini diarahkan untuk mengasah daya kebijaksanaan dan berpikir tingkat tinggi. Rancangan aktivitas merupakan kegiatan-kegiatan besar yang membuka kesempatan bertanya dan menggali gosip yang bersahabat dengan keseharian siswa. Guru sebaiknya membaca seluruh pembelajaran terlebih dahulu serta Perhatikan kebutuhan alat dan materi dimana aktivitas pada ahad ke-4 dari Subtema 4 ini yaitu Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi.

Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) yaitu sebuah model pembelajaran yang memakai proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Dalam aktivitas ini, siswa melaksanakan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis gosip untuk memperoleh banyak sekali hasil berguru (pengetahuan, keterampilan, dan sikap).

Sedangkan literasi yaitu kemampuan individu di dalam mengolah serta memahami gosip pada ketika menulis ataupun membaca. Istilah literasi dalam bahasa latin disebut sebagai Literatus yang artinya yaitu orang yang belajar, namun National Institut for Literacy sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi yaitu kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan persoalan pada tingkat keahlian yang diharapkan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.

Pada tema 8 subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1, siswa diarahkan untuk melaksanakan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai informasi-informasi berikut.
  1. Kegiatan ekononomi dalam keluarga (misalnya: dalam perdagangan, pertanian, industri, peternakan, atau jasa).
  2. Kegiatan sehari-hari yang memakai air, baik untuk keperluan rumahtangga maupun aktivitas ekonomi.
  3. Perkiraan banyak air yang dipakai untuk setiap kegiatan.
  4. Sumber air yang dipakai (sumur, PDAM, atau sumber lain).

Hasil wawancara dicatat dalam tabel berikut.
Nama : _____________________
Kegiatan ekonomi dalam keluarga:
Kegiatan yang Menggunakan AirPerkiraan Banyak Air yang
Digunakan (dalam liter)
Sumber Air
Pertanian4.000Sungai
Peternakan1.000Sumur
Perikanan5.0000Sungai
Perkebunan2.500Sumgai
Industri3.000PDAM

Dari data yang didapat, siswa menganalisis data tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Kegiatan apa saja yang membutuhkan banyak air? Perikanan
  2. Mengapa aktivitas itu memerlukan banyak air? Air merupakan kawasan hidup ikan, tanpa air ikan tidak bisa hidup.
  3. Apa fungsi air dalam aktivitas itu? Air berfungsi sebagai kawasan hidup ikan.
  4. Apa fungsi dari aktivitas itu? Dengan aktivitas perikanan maka kebutuhan gizi terutama protein akan sanggup terpenuhi.

Mempertanyakan dan Menganalisis
Dari tabel hasil wawancara, siswa mengidentifikasi aktivitas yang terbanyak memakai air. Siswa sanggup menuliskan dalam tabel berikut atau menyajikannya dalam bentuk diagram.
No.Kegiatan yang Membutuhkan AirBanyaknya Air (l)
1.Pertanian4.000
2.Peternakan1.000
3.Perikanan5.0000
4.Perkebunan2.500
5Industri3.000
Diagram :
 aktivitas disini diarahkan untuk mengasah daya kebijaksanaan dan berpikir tingkat tinggi Kegiatan Literasi Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1
Dari analisis aktivitas ini, siswa memperoleh gagasan perihal apa yang perlu dikaji lebih jauh. Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti dengan mengumpulkan gosip yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melaksanakan hal tersebut dengan banyak sekali macam cara, antara lain.
1. Membaca buku-buku acuan dari perpustakaan.
2. Berdiskusi.
3. Bertanya kepada guru.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url