Update, Pmk Nomor 193 Tahun 2018 Perihal Pengelolaan Dana Desa
Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Dana Desa. PMK Nomor 193/PMK.07/2018 diterbitkan dengan pertimbangan bahwa 1) ketentuan pengelolaan Dana Desa telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/PMK.07/2017 perihal Tata Cara Pengalokasian Dana Desa Setiap Kabupaten/Kota dan Penghitungan Rincian Dana Desa Setiap Desa dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07 /2017 perihal Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 121/PMK.07 /2018 perihal Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 perihal Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa; 2) berdasarkan ketentuan Pasal 9 ayat (6) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 perihal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019, ketentuan lebih Ianjut mengenai tata cara penghitungan rincian Dana Desa setiap desa diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan; 3) bahwa untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas pengelolaan Dana Desa dan mengatur lebih Ianjut tata cara penghitungan rincian Dana Desa setiap desa, perlu mengatur kembali ketentuan mengenai pengelolaan Dana Desa.
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193/PMK.07/2018 Tentang Pengelolaan Dana Desa, Dana Desa yaitu dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan dipakai untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, training kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Ruang lingkup Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Dana Desa, meliputi: penganggaran; pengalokasian; penyaluran; penatausahaan, pertanggungjawaban, dan pelaporan; fatwa penggunaan; dan pemantauan serta evaluasi.
Terkait penyaluran (pencairan) Dana Desa dijelaskan dalam Pasal 20 Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193/PMK.07/2018, bahwa Penyaluran Dana Desa dilakukan dengan cara pemindahbukuan dari RKUN ke RKUD untuk selanjutnya dilakukan pemindahbukuan dari RKUD ke RKD. Penyaluran (pencairan) Dana Desa dilakukan secara bertahap, dengan ketentuan sebagai berikut:
a. tahap I paling cepat bulan Januari dan paling lambat ahad ketiga bulan Juni sebesar 20% (dua puluh persen);
b. tahap II paling cepat bulan Maret dan paling lambat ahad keempat bulan Juni sebesar 40% (empat puluh persen); dan
c. tahap III paling cepat bulan Juli sebesar 40% (empat puluh persen)
Pedomaan penggunaan Dana Desa ditegaskan dalam Pasal 31 Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193/PMK.07/2018, bahwa Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam rencana kerja Pemerintah Desa. Penggunaan Dana Desa mengacu pada prioritas penggunaan Dana Desa yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerin tahan di bidang Desa.
Selajutnya Pasal 32 Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Dana Desa, menyatakan bahwa pelaksanaan acara yang didanai dari Dana Desa berpedoman pada fatwa teknis yang ditetapkan oleh bupati/wali kota mengenai acara yang didanai dari Dana Desa. Pelaksanaan kegiatan yang didanai dari Dana Desa diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/bahan baku lokal dan diupayakan dengan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat Desa setempat.
Pasal 33 Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193/PMK.07/2018, menyatakan bahwa Dana Desa sanggup dipakai untuk membiayai acara yang tidak termasuk dalam prioritas penggunaan Dana Desa sesudah menerima persetujuan bupati/wali kota. Dalam memperlihatkan persetujuan bupati/wali kota memastikan pengalokasian Dana Desa untuk acara yang menjadi prioritas telah terpenuhi dan/ atau acara pembangunan dan pemberdayaan masyarakat telah terpenuhi. Persetujuan bupati/wali kota diberikan pada ketika penilaian rancangan Peraturan Desa mengenai APBDesa.
Pasal 34 Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193/PMK.07/2018, menyatakan bahwa Kepala Desa bertanggungjawab atas penggunaan Dana Desa. Pemerintah dan Pemerintah Daerah sanggup melaksanakan pendampingan atas penggunaan Dana Desa. Tata cara pendampingan dilaksanakan sesuai dengan fatwa yang ditetapkan oleh menteri teknis terkait.
Selengkapnya silahkan baca dan download Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193/PMK.07/2018 Tentang Pengelolaan Dana Desa.
Link download Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193/PMK.07/2018 ---disini---.
Demikian Salinan Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 193 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Dana Desa. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.