Lengkap - 50+ Pola Soal Ukk Bahasa Indonesia Kelas 5 Sd/Mi Dan Kunci Jawaban
50+ Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia kelas 5 SD/MI dan Kunci Jawaban |
Soal UKK Bahasa Indonesia kelas 5 SD/MI
50+ Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia kelas 5 SD/MI dan Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UKK Bahasa Indonesia kelas 5 SD/MI ni, adik adik sanggup menguduh materi ini di tarbiyatul dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal UKK Bahasa Indonesia kelas 5 SD/MI.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut tarbiyatul memberikan Soal UKK Bahasa Indonesia kelas 5 SD/MI
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1-3 !
Liburan sekolah telah tiba. Dinda dan keluarganya berlibur ke pantai. Dinda sangat gembira. Dipantai Dinda sangat menikmati pemandangan pantai. Ia berjalan menyusuri tepi pantai. Ia berjalan sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Tidak terasa Dinda sudah berjalan jauh dari keluarganya. Dinda tidak menyadarinya. Setelah sadar, Dinda galau ada dimana. Dinda pun galau mencari keluarganya.
Dinda ingin menangis, tetapi malu. Akhirnya, Dinda memutuskan untuk menyusuri kembali jalan yang telah ia lalui. Ia menyusuri jalan dengan mengingat–ingat apakah jalan yang ia lewati ialah jalan yang telah ia lalui. Dengan penuh kesabaran, jadinya Dinda berhasil menemukan keluarganya. Dinda senang sekali.
1. Keluarga Dinda berlibur ke . . . .
A. Gunung
B. Pantai
C. Danau
D. Kebun binatang
2. Pertanyaan berikut yang tanggapan terdapat dalam dongeng yaitu . . . .
A. Apa yang dilakukan keluarga Dinda di pantai ?
B. Bagaimana keadaan Dinda ketika berlibur ?
C. Mengapa keluarga Dinda berlibur ?
D. Mengapa Dinda hampir menangis ?
3. Tanggapan yang sesuai dengan insiden dalam dongeng yaitu . . . .
A. Dinda menyerupai anak kecil saja yang kebingungan ketika kehilangan orang tuanya.
B. Dinda seharusnya menangis alasannya ialah kehilangan keluarganya.
C. Dinda seharusnya tidak berjalan –jalan meninggalkan orang tuanya.
D. Dinda tidak perlu galau alasannya ialah ia sanggup menyusuri kembali jalan yang telah ia lalui.
4. Untuk menanggapi suatu duduk masalah atau insiden kita memakai kata ....
A. berdasarkan kamu
B. berdasarkan saya
C. mengapa kamu
D. bagaimana pendapatmu
Perhatikan kutipan dongeng berikut ini untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Pada suatu hari, ada seekor tikus yang berkeliaran di tengah hutan. Tikus itu berkeliling mencari makan. Tikus terus berkeliling hutan tanpa tahu arah. Tikus tersesat hingga ke sarang singa. Ia berlari kebingungan mencari jalan keluar. Tikus panik dan melompat ke hidung singa. Singa terbangun dari tidurnya. Singa sangat marah. Singa menangkap tikus dan ingin memakannya. Tiba-tiba singa tersadar bahwa raja hutan harus bersikap bijaksana dan memberi pola yang baik. Singa kemudian melepaskan tikus itu. Tikus meminta maaf dan berterima kasih kepada singa.
Selang beberapa hari, singa tertimpa musibah. Singa terperangkap dalam jaring yang dipasang oleh pemburu. Singa meronta sekuat tenaga dan mengaum dengan keras. Suara singa terdengar oleh tikus. Tikus menghampiri singa. Tikus segera menolong singa. Ia menggigit tali jaring dengan gigi-gigi kecilnya. Singa sanggup terlepas dari perangkap pemburu.
5. Tokoh tikus dalam dongeng tersebut berwatak ....
A. suka menolong
B. curang
C. bijaksana
D. sombong
6. Latar tempat dongeng tersebut di ....
A. tengah sungai
B. tengah hutan
C. tepi hutan
D. tepi danau
7. Amanat pada dongeng ialah ….
A. pesan yang ingin disampaikan
B. tempat terjadinya suatu cerita
C. pelaku yang terlibat pada suatu cerita
D. keterangan waktu pada sebuah cerita
8. Tokoh pada dongeng ialah ….
A. tempat terjadinya suatu cerita
B. pesan yang ingin disampaikan
C. keterangan waktu pada sebuah cerita
D. pelaku yang terlibat dalam suatu cerita
9. Memberikan komentar terhadap duduk masalah yang terjadi harus disertai dengan alasan yang ….
A. berbelit-belit
B. berbohong
C. asal-asalan
D. logis
10. Faktual ialah suatu insiden yang bersifat ....
A. palsu
B. nyata
C. belaka
D. bohong
11. Perhatikan kutipan gosip berikut !
Pemerintah Indonesia telah mencanangkan tahun 2007 sebagai tahun pembasmian virus flu burung terhadap manusia. Negara-negara maju dan organisasi dunia telah oke menunjukkan pemberian dana. Jika semua lancar, akan terkumpul sedikitnya Rp 65 juta dolar AS (sekitar Rp 585 milliar). Dana sebanyak itu, sanggup dipakai untuk membeli vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan. Dana tersebut juga sanggup dipakai untuk aktivitas penelitian, pengawasan, dan kampanye kesehatan pada jutaan penduduk.
Persoalan tersebut wacana pecanangan pembasmian flu burung terhadap manusia. Hal tersebut memang harus segera dilaksanakan alasannya ialah ….
A. organisasi dunia akan menunjukkan pemberian dana
B. virus flu burung sanggup masuk kedalam badan kita
C. sanggup membawa laba bagi peternak unggas
D. flu burung benar-benar meresahkan masyarakat
12. Perhatikan kutipan gosip berikut ini !
Giliran kota Jakarta sebagai kota Metropolitan mengalami krisis air. Beberapa hari belakangan ini warga di beberapa wilayah Jakarta mengeluh. Hal ini terjadi alasannya ialah air higienis yang berasal dari Perusahaan Air Minum Jakarta Raya (PAM Raya) tidak mengalir menyerupai biasanya.
Harian: Berani, 18 Januari 2007
Persoalan yang terjadi ialah ....
A. Dibangunnya Perusahaan Air Minum
B. Warga mengeluh adanya PAM Raya
C. PAM Raya di Kota Metropolitan
D. Jakarta krisis air bersih
13. Perhatikan obrolan berikut ini !
Ida : "Akhir-akhir ini banyak pekerja yang sakit, supaya tidak mengganggu kerja datanglah sore-sore."
Ny. Ardi : "Tetapi engkau sendiri tampak tak begitu sehat, jangan memaksakan diri."
Ida : (Cepat) "Ah, saya sehat, tidak apa-apa, Bu!
Karakter Ny. Ardi dalam pada obrolan tersebut ialah ....
A. jahat
B. egois
C. angkuh
D. bijaksana
14. Perhatikan kutipan drama berikut ini !
Elis : (datang dari ruang dalam) “Ya ... Pak. Ada apa, Pak?”
Kakek : “Mana Ari dan Adi? Sudah sore begini belum di rumah?”
Elis : ”Main ... Pak. Tadi bawa motor."
Kakek : “Aduh, Elis. Bagaimana kalian membesarkan anak? Akan jadi apa cucuku kelak?”
Elis : “Sudahlah ... Pak. Kan, Adi dan Ari sudah biasa naik motor."
Kakek : “Kau dan suamimu memanjakannya. Mereka masih SMP, belum berhak punya SIM."
Elis : "Biar masa kecil mereka senang, Pak! Tidak menyerupai kita dulu."
Kakek : “Aduh ... Lis! Itu, cara mendidik anak yang salah."
Pernyataan kakek kepada Elis pada percakapan di atas menyatakan rasa ....
A. takut
B. marah
C. khawatir
D. ingin tahu
15. Ekspresi ialah ….
A. ungkapan perasaan pelaku seni
B. pengucapan suara bahasa
C. cepat lambat suara bahasa
D. tinggi rendahnya nada
16. Perhatikan tabel berikut ini !
Pengucapan suara bahasa ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
17. Perhatikan kedua teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!
Teks I
Banjir rob kembali terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Rob meluber ke jalan-jalan utama pantai utara Jawa wilayah Kaligawe dan Genuk. Meski terjadi banjir rob, kemudian lintas kendaraan tetap normal dan tidak ada kemacetan. Kendati demikian, bekas air rob menciptakan jalan rusak dan bergelombang. Pemkot Semarang bersama Premprov Jateng dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melaksanakan langkah darurat bencana.
Teks II
Kota Semarang ketika ini dilanda banjir rob. Tingginya mencapai 40-50 cm. Berdasarkan pantauan, ada beberapa titik genangan air rob terlihat tinggi. Jalur pantura menuju Surabaya terkena banjir rob, terutama pintu masuk terminal Terboyo dan pintu masuk daerah industri Terboyo. Rob di jalur itu menciptakan antrean kendaraan berbaris panjang hingga jalan arteri Yos sudarso. Akibat banjir rob, volume kendaraan menumpuk dan mengakibatkan antrean panjang hingga di wilayah Kecamatan Sayung, Demak.
Persamaan kedua teks tersebut ....
A. Banjir rob menciptakan kemudian lintas kendaraan macet.
B. Banjir rob kembali melanda Kota Semarang Jawa Tengah
C. Upaya langkah darurat menangani peristiwa banjir rob
D. Banjir rob menciptakan jalan rusak dan bergelombang
18. Penyebab kemacetan di jalan arteri Yos sudarso adalah ….
A. perbaikan jalan
B. jalan rusak
C. banjir rob
D. hujan
19. Cara menemukan masalah utama gosip yang dibaca dalam teks gosip sanggup ditentukan dengan panduan pertanyaan yang berupa ....
A. mengapa, apa, siapa, di mana, kapan, berapa
B. bilamana, berapa, kapan, di mana, mengapa, apa
C. apa, bilaman, kapan, di mana, berapa, mengapa
D. apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana
Perhatikan jadwal perjalanan Kereta Api berikut ini untuk menjawab soal nomor 20-22!
20. Kereta api jurusan Semarang–Surabaya yang harga tiketnya paling murah ialah ....
A. Argo Anggrek
B. Argo Bromo
C. Rajawali
D. Sembrani
21. Kereta Api Gumarang akan berangkat dari Stasiun Tawang pada pukul ....
A. 08.35
B. 00.46
C. 00.27
D. 00.46
22. Pernyataan yang sesuai dengan isi jadwal tersebut ialah ....
A. Kereta Rajawali menempuh perjalanan selama 5 jam.
B. Kereta Sembrani menempuh perjalanan selama 4 jam 9 menit dengan tiket seharga Rp85.000,00.
C. Kereta Argo Anggrek melaksanakan perjalanan 4 kali dalam sehari.
D. Harga tiket kereta Argo Bromo ialah Rp220.000,00 sekali perjalanan.
23. Perhatikan tabel susunan program televisi berikut ini!
Acara anak yang ditayangkan pada sore hari yaitu ….
A. Pentas Anak Sekolah
B. Dora Emon
C. Tom & Jerry
D. Cinderela
24. Hal pertama yang dilakukan dalam meringkas isi buku ialah ….
A. Membaca buku tersebut secara cermat
B. Menulis isi buku secara singkat
C. Memilih inti pokok isi buku
D. Merangkum isi buku
Bacalah laporan isi buku berikut untuk soal nomor 25-27 !
Judul buku : Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan dan Minuman
Penulis : Choiril Azmiyawati
Penerbit : Sunda Kelapa Pustaka
Tahun terbit : 2007
Tebal buku : iv + 44 halaman
Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, mungkin sudah saatnya untuk membaca buku ini, atau bagi siapa pun yang biasa membeli kuliner ataupun minuman daripada membuatnya sendiri. Buku ini menyajikan topik-topik yang ketika ini sering diperdebatkan konsumen, yaitu kekerabatan materi tambahan pangan dengan kesehatan. Bahan-bahan tambahan tersebut, seperti, materi pewarna, materi pemanis, materi pengawet, penyedap rasa, antioksidan, dan beberapa materi tambahan lainnya.
Tujuan penggunaan materi tambahan pangan sanggup meningkatkan atau mempertahankan nilai gizi dan kualitas daya simpan, dan mempermudah penyiapannya. Buku ini akan membahas satu per satu bahan-bahan tersebut dan efek negatifnya terhadap kesehatan. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui wacana materi tambahan pangan dan efek negatifnya terhadap kesehatan.
25. Berdasarkan laporan buku tersebut, sasaran pembaca buku ini ialah ....
A. penjual makanan
B. pemilik toko makanan
C. pembeli kuliner atau minuman
D. pabrik kuliner atau minuman
26. Manfaat membaca buku ini ialah ....
A. Menambah pengetahuan wacana ancaman materi tambahan yang melebihi dosis dan akan lebih selektif.
B. Membeli kuliner dan minuman yang kandungan materi pengawetnya tinggi.
C. Akan lebih menentukan menciptakan makan dan minuman siap saji daripada membuatnya sendiri.
D. Membuat kuliner dan minuman dengan menunjukkan aneka macam materi tambahan
27. Buku tersebut berisi wacana ....
A. Cara-cara menentukan kuliner yang sehat dan bebas dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya.
B. Bahan-bahan kuliner yang terbebas dari bahan-bahan pengawet, pewarna, dan materi tambahan lainnya.
C. Daftar materi kuliner yang boleh dan dilarang dikonsumsi oleh masyarakat.
D. Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam kuliner dan hubungannya dengan kesehatan
Bacalah hasil kunjungan berikut ini untuk soal nomor 28 dan 29 !
Hasil Kunjungan :
Di Taman Safari Cisarua terdapat 30 jenis mamalia, 40 jenis primata, 15 jenis amfibia, 100 jenis burung, dan 20 jemis ikan. Satwa langka yang dilindungi contohnya orangutan sumatra, macan tutul, rino bercula satu, burung cenderawasih dan banteng.
Tempat favorit bagi para pengunjung ialah arena pertunjukan. Tempat ini sering dipakai untuk menggelar pertunjukan musik dangdut. Tempat favorit kedua taman kolam. Di sana mereka sanggup menaiki perahu. Selain itu, tempat favorit lainnya ialah taman gajah. Di sana para pengunjung sanggup naik gajah untuk berkeliling taman.
28. Satwa langka yang terdapat di Taman Safari yaitu ....
A. buaya
B. ular
C. burung cenderawasih
D. gajah lampung
29. Menurut hasil kunjungan, tempat paling favorit para pengunjung Taman Safari ialah ....
A. taman gajah
B. sangkar gajah
C. taman kolam
D. arena pertunjukan
30. Dalam menulis laporan hasil pengamatan, harus memakai bahasa ....
A. sederhana
B. sopan dan menarik
C. baik dan benar
D. tidak baku dan sopan
31. Laporan Hasil Kunjungan
(1) Kelompok I
Ketua : (Dani)
(2) Objek kunjungan: perajin gerabah kasongan
(3) Madiun, 15 Oktober 2008
(4) Hari/tanggal kunjungan: Sabtu, 11 Oktober 2008
(5) Jumlah peserta: 30 orang
(6) Hasil kunjungan: Kerajinan gerabah kasongan terletak di daerah Kasongan, Bantul, Yogyakarta. Gerabah tersebut selain diperdagangkan di dalam negeri juga diekspor ke mancanegara.
Urutan hasil kunjungan tersebut yang benar ialah ....
A. (4)–(2)–(5)–(6)–(3)–(1)
B. (4)–(2)–(5)–(6)–(1)–(3)
C. (4)–(2)–(6)–(5)–(3)–(1)
D. (4)–(5)–(2)–(3)–(6)–(1)
Perhatikan puisi berikut untuk soal nomor 32-34 !
Kubuka jendela kamarku
Terlihat halaman hijau nan indah
Bunga mekar berwarna-warni
Harum semerbak mewangi
Dengan berseragam putih merah
Anak-anak berjalan ke sekolah
Menyongsong masa depan indah
Dengan penuh gairah
A. Mentari Pagi
B. Pagi yang Cerah
C. Berangkat Sekolah
D. Pulang ke Rumah
33. Arti dari kata yang bercetak miring ialah ….
A. busuk yang terbawa angin
B. tidak terlalu wangi
C. sungguh wangi
D. indah sekali
34. Arti dari kata yang bercetak tebal ialah …..
A. berjalan maju untuk menghadapi
B. persiapan untuk masa depan
C. keinginan yang akan dihadapi
D. sambutan anak sekolah
35. Perhatikan puisi berikut ini !
PenghujungTahun
(NurSanti)
Tahun berganti tahun
Tanpa terasa silih berganti
Secepat angin berembus
Laksana samudera tak bertepi
Kulalui waktu
Tiba-tiba hingga di ujung tahun
Suka dan murung ku
Luruh bersama waktu
Pernyataan yang sesuai dengan isi puisi tersebut ialah ….A. Waktu terasa begitu cepat sehingga tanpa terasa, setahun sudah akan berganti
B. Angin di lautan atau samudera bertiup sangat cepat
C. Segala kesedihan akan segera berakhir dengan cepat silih berganti
D. Setiap pergantian tahun gres harus kita rayakan dengan gembira
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang sempurna !
36. Dalam memberikan tanggapan, harus dengan bahasa yang ….
37. Kesimpulan sebuah dongeng sanggup di tentukan pada kepingan . . . cerita.
38. Berita faktual ialah sebuah informasi berdasarkan insiden ….
39. Untuk sanggup memerankan tokoh dalam sebuah drama dengan baik, kita harus selalu . . . secara rutin.
40. Tokoh yang memerankan Malin dalam dongeng “Malin Kundang” harus sanggup menguasai tabiat ….
41. Bacalah kedua teks berikut ini!
Teks I
Acara perayaan HUT RI di kampungku sangat meriah. Acara tersebut diadakan di lapangan desa Purwobinangun, Yogyakarta. Di sana diadakan banyak lomba, contohnya lomba balap karung, panjat pinang, bola voli, tarik tambang, dan joget balon. Tidak hanya bermacam-macam lomba saja, di lapangan juga terdapat aneka macam pertunjukkan, menyerupai reog Ponorogo dan kuda lumping.
Teks II
Ketika perayaan HUT RI, pemkot Yogyakarta mengadakan program yang diadakan di alun-alun kota. Acara tersebut ialah karnaval yang diikuti oleh seluruh perwakilan sekolah dan kecamatan di wilayah kota. Banyak atraksi yang diperlihatkan oleh setiap peserta. Para penerima karnaval berjalan beriringan melalui rute-rute yang telah ditentukan.
Acara di kedua teks bacaan tersebut diadakan di daerah ….
42. Perhatikan tabel berikut ini!
Tujuan membaca sekilas ditunjukan oleh nomor ….
43. Membaca cepat atau memindai dibutuhkan untuk mendapat … secara cepat.
44. Menulis laporan kunjungan harus memakai … yang sesuai.
45. Perhatikan puisi berikut ini !
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
Tema puisi tersebut ialah ....
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terang !
46. Perhatikan insiden berikut ini!
Pada ketika ulangan harian, temanmu menyontek dari buku catatannya. Setelah ulangan, kau berusaha menegurnya. Dia beralasan tidak berguru sebelumnya alasannya ialah harus menjaga ibunya yang sedang sakit di rumah sakit.
Berilah tanggapanmu terhadap duduk masalah tersebut !
47. Sebutkan unsur-unsur sebuah dongeng !
48. Bagaimanakah cara menunjukkan saran terhadap suatu duduk masalah atau peristiwa?
49. Bacalah kedua teks gosip berikut !
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun gres biar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak mulai pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat kemudian Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak biar mengusahakan tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus kemudian lintas satu jalur.
Sebutkan persamaan informasi dari kedua teks gosip tersebut !
50. Tuliskan kegunaan dari membaca memindai !
Demikianlah informasi yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 50+ Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia kelas 5 SD/MI dan Kunci Jawaban ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal UKK Bahasa Indonesia kelas 4 SD/MI File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.tarbiyatul.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal bahasa indonesia kelas 5 sd semester 2 kurikulum 2013
- soal ulangan harian bahasa indonesia kelas 5 sd semester 2
- soal bahasa indonesia kelas 5 semester 2 2018
- soal tematik bahasa indonesia kelas 5 sd
- soal ulangan harian bahasa indonesia kelas 5 sd semester 1
- soal matematika kelas 5 sd semester 2
- soal bahasa indonesia kelas 5 sd pdf
- soal bahasa indonesia kelas 5 sd kepingan 2 pdf 2018,2019,2020,2021,2022